EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Biawak tak Bertelinga, Fosil Hidup dari Kalimantan

16 September 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 75 Kali

Biawak tak Bertelinga, Fosil Hidup dari Kalimantan

Satu-satunya biawak tak bertelinga dari family Lanthanotidae, yaitu Lanthanotus borneensis merupakan satwa endemik dari Pulau Kalimantan. Mereka hidup di sekitar aliran sungai ataupun rawa-rawa dan sulit dijumpai karena aktif pada malam hari (nokturnal). Ketika siang hari L. borneensis biasanya tinggal di dalam liang, di bawah tumpukan kayu, batu, atau di balik tanaman yang dekat aliran air yang membuat mereka semakin sulit untuk terlihat.

Badan L. borneensis termasuk kecil dengan ukuran rata-rata sekitar 20 cm dengan jantan memiliki kepala dan ekor lebih lebar. Pejantan juga agresif dan bersifat teritorial, sehingga ketika ada lebih dari satu pejantan dalam satu wilayah mereka akan saling menantang.

Kekerabatan L. borneensis jauh dengan jenis kadal lainnya sehingga hanya ada dia sendiri dalam family Lanthanotidae. Berdasarkan morfologinya L. borneensis terhubung dengan fosil Cherminotus berusia 70 juta tahun di Mongolia yang diduga masuk dalam satu family Lanthanotidae. Karena hal inilah terkadang L. borneensis mendapat julukan sebagai fosil hidup.

Sumber :
https://news.mongabay.com/2014/09/bizarre-lizard-newest-victim-of-reptile-pet-trade/
http://www.sciencemag.org/news/2017/05/call-keep-secrets-rare-species-draws-reluctant-support
https://en.wikipedia.org/wiki/Earless_monitor_lizard


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph