EN | ID
Ingat saya
FOTO

Bunga Mangrove Mekar Malam Hari

10 August 2017 kategori Foto

Penulis:

Dibaca: 37 Kali

Bunga Mangrove Mekar Malam Hari

Sampai beberapa waktu belakangan, saya masih jarang mendengar adanya tumbuhan yang bunganya mekar hanya malam hari. Saat jalan-jalan atau pengamatan, seringkali saya menyeletuk, “buat apa malam hari lihat tumbuhan, hitam semua”. Tentunya, selain tumbuhan wijaya kusuma, yang memang mekar di malam hari, kita semua sudah mengenalnya.
 
Namun ternyata ada beberapa spesies di dunia yang diketahui berbunga hanya pada malam hari. Adalah anggrek Bulbophyllum dari New Britain, yang ditemukan oleh Andre Schuiteman dari Kebun Raya Kew, Inggris beserta kolega.  
 
Di beri nama sesuai fenomena menarik penemuannya sebagai Bulbophyllum nocturnum, dengan nocturnum merujuk pada perilaku pembungaan di malam hari, yang mungkin diadopsi dari kata nokturnal, aktif pada malam hari.
 
Spesies tersebut dipublikasi pada tahun 2011 di jurnal ilmiah Botanical Journal of the Linnean Society.  
 
Sampai akhirnya, saya temukan fenomena ini sendiri pada tanaman mangrove sekitar pergantian tahun 2016-2017. Adalah Sonneratia caseolaris, suatu spesies mangrove yang saya jumpai di kawasan Muara Angke, tampaknya sengaja ditanam.  
 
Foto berhasil saya dapatkan dari tanaman yang berada di seberang Suaka Marga Satwa, ketika mengunjungi pemukiman penduduk. Foto pada siang hari dari bunga itu saya ambil, dan kebetulan saya “iseng” membawa satu bunga untuk diamati lebih lanjut.
 

Foto bunga pada siang hari.

 

Malam harinya, saya bingung, kenapa bunga yang awalnya masih tampak kuncul ini tiba-tiba jadi mekar. Saya membuka tulisan Ding Hou (1957, Flora Malesiana-Rhizophoraceae) tentang beberapa spesies mangrove di Asia Tenggara, dan memang, spesies ini memiliki waktu mekar bunga pada malam hari. Wah!

 

 
Foto bunga pada malam hari.

 

Seperti yang dicatat oleh Ian Sample di The Guardian, spesies berbunga malam hari jumlahnya sangat sedikit. Sehingga, penemuan ini adalah salah satu hal yang menarik, apalagi ditemukan di kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta.

 

Referensi:

Ding Hou. 1957. Rhizophoraceae. Flora Malesiana.

Ian Sample. Unique night-flowering orchid found.  Akses: 10 Agustus 2017.
 
Schuiteman et al. 2011. Nocturne for an unknown pollinator: first description of a night-flowering orchid (Bulbophyllum nocturnum).


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph