EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Gagang Bayam, Penerbang Cantik dari Gorontalo

27 October 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 58 Kali

Gagang Bayam, Penerbang Cantik dari Gorontalo

Kakinya panjang, cantik berwarna merah muda. Badannya putih dengan sayap dan tengkuk hitam mengkilap. Dia biasa dipanggil burung gagang bayam atau Himantopus himantopus. Umum ditemukan di sekitar Dananu Limboto, Gorontalo bahkan menjadi idola para warga dan para pengamat burung karena keelokan warna dan sikap ramahnya. Jika burung lain terkadang terbang menjauh ketika kedatangan tamu manusia, H. himantopus malah penasaran kemudian mendekati, terbang rendah di atas kepala, bahkan mengeram di samping kita.

Mereka termasuk burung migran dan tersebar luas di seluruh belahan dunia. Meski begitu, di negara-negara dengan suhu sedang H. himantopus tidak banyak berpindah atau hanya menyebar secara lokal. Di Indonesia sendiri bisa dijumpai di bagian Selatan Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan Selatan, NTT, dan NTB.

Habitat yang disenangi H. himantopus adalah perairan dangkal, karena makanan mereka adalah serangga air dan moluska kecil yang terkadang terletak di dasar air. Sementara untuk sarang mereka membuatnya di sekitar estuari, sehingga tak heran banyak populasi H. himantopus di Danau Limboto. Sebab danau terletak di estuari, ukuran danau luas yang berarti cukup makanan dan tempat untuk bersarang.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2017/10/18/202834623/gagang-bayam-timur-idola-wisata-danau-limboto http://travel.kompas.com/read/2016/03/24/150600427/Menikmati.Keindahan.Tarian.Gagang.Bayam.di.Danau.Limboto. http://www.iucnredlist.org/details/22727969/0 https://en.wikipedia.org/wiki/White-headed_stilt


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph