EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kopi Arabika Java Ijen Raung, Buah Manis Agroforestri

26 September 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 82 Kali

Kopi Arabika Java Ijen Raung, Buah Manis Agroforestri

Praktek pertanian dalam hutan bisa memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat, sekaligus sebagai upaya menjaga kelestarian hutan. Bagaimana caranya? Lahan kosong di antara pohon hutan digunakan sebagai lahan pertanian (agroforestri) dengan cara tumpang sari. Seperti yang dilakukan warga kaki Gunung Ijen dan gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur. Mereka bekerjasama dengan Perhutani dengan memanfaatkan hutan untuk ditanami kopi arabika.

Alasannya desa-desa di kaki Gunung Ijen dan Raung memiliki ketinggian yang optimal untuk pertumbuhan kopi arabika, yaitu 900-1300 m dpl. Serta pohon hutan yang tidak boleh ditebang apalagi dijual bisa dimanfaatkan sebagai pohon peneduh kopi.

Berawal mulai tahun 2010, ketika lima petani kopi senior mendapatkan pelatihan pasca panen di Kintamani, Bali, kualitas biji kopi membaik dan mampu mengembangkan berbagai varietas kopi asli daerah ini. Hingga pada tahun 2013 berhasil mendapatkan sertifikat indikasi geografis untuk menandai hak paten merk kopi yang dinamai Kopi Arabika Java Ijen Raung. Agustus lalu, kopi ini diakui sebagai 10 kopi arabika terbaik dalam lomba festival kopi nusantara dari 132 daerah Indonesia.

Seiring semakin dikenalnya kopi Ijen Raung, semakin banyak pula usaha kedai kopi di sekitar daerah ini. Harga biji kopipun dihargai tinggi hingga Rp 35000 per kg, jauh meningkat dibandingkan tahun 2010 yang hanya sekitar Rp 2500. Ekonomi menggeliat, semua berkat usaha keras masyarakat serta dukungan berbagai pihak, untuk menjaga kualitas dan terus mengembangkan kopi terbaik.

Sumber : http://www.mongabay.co.id/2017/09/17/menyandingkan-kopi-dan-hutan-di-bondowoso/ http://www.mongabay.co.id/2017/09/24/barter-satu-saset-kopi-dengan-satu-bibit-bagian-3/ http://www.mongabay.co.id/2017/09/19/sejarah-kopi-bondowoso-dalam-buku-republik-kopi-bagian-2


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph