EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Manfaat Sorgum yang Perlu Kita Ketahui

08 November 2017 kategori Jurnal

Penulis: Achmad Muzakky Dityana

Dibaca: 60 Kali

Sorgum dengan nama latin (Shorgum bicolor (L.) Moench) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber hijauan bagi ternak ruminansia, bijinya dapat digunakan untuk bahan pangan maupun pakan dan batangnya dapat diproses untuk bioenergy.

Keunggulan sorgum dengan tanaman pangan lainnya pada daya adaptasinnya, toleran terhadap kekeringan, produktivitas tinggi dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Saat ini telah banyak tersedia varietas sorgum yang telah diperbaiki produksinya untuk dibudidayakan baik untuk serealia, hijauan pakan maupun untuk tujuan ganda yaitu pangan dan pakan. Biji sorgum dapat dijadikan tepung untuk menggantikan terigu dan dapat diolah menjadi bermacam makanan, seperti mi, roti, cake, kue kering serta makanan lainnya.

Tanaman yang biasa dikenal masyarakat Jawa dengan nama “cantel” atau dalam beberapa bahasa lokal di Flores yang dikenal dengan “watar” ini sekeluarga dengan tanaman serealia seperti  padi, jagung, dan gandum serta tanaman lain seperti bambu dan tebu. Sorgum memiliki tinggi rata-rata 2,5 sampai 4 meter. Pohon dan daun sorgum sangat mirip dengan jagung. Daun sorgum berbentuk lurus memanjang. Biji sorgum berbentuk bulat dengan ujung mengerucut, berukuran diameter sekitar 2 mm. Satu pohon sorgum mempunyai satu tangkai buah yang memiliki beberapa cabang buah. 

Biji sorgum bicolor mempunyai kandungan tak kalah dengan tepung serealia yang lain, seperti jagung, gandum, dan barley. Biji sorgum mengandung tiga jenis karbohidrat yaitu, pati, gula terlarut, dan serat. Kandungan gula terlarut pada sorgum terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa dan maltosa.  Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% - 7,9% dan 1,1% - 1,23%.  Kandungan protein pun seimbang dengan jagung, kandungan protein sorgum adalah sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%. Kandungan pati, sorgum 80,42% sedangkan jagung 79,95%. Hanya saja yang membuat tepung sorgum sedikit peminat adalah karena tidak adanya gluten seperti pada tepung terigu. Masyarakat kita sudah terlanjur tercebur dalam nikmatnya elasitisitas terigu, karena tingginya gluten, dan inilah yang membuat adonan mie, dan roti menjadi elastis.

 

Kerajaan: Plantae

Divisio: Spermatophyta

Kelas: Monocotyledonae

Suku: Poaceae

Marga: Shorgum

Spesies: Shorgum.sp. → Shorgum bicolor (L.) Moench.

Sumber :

Shorgum bicolor (L.) Moench. Food and Agriculture Organization (FAO)

http://bali.litbang.pertanian.go.id


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph