EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Melihat Pohon Bantu Tenangkan Pikiran

30 October 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 58 Kali

Melihat Pohon Bantu Tenangkan Pikiran

Jalanan yang padat, bising, panas, ditambah asap dan polusi kendaraan bisa memperburuk suasana hati pengguna jalan di kota-kota besar. Apalagi jika kondisi tersebut selalu menemani aktivitas sehari-hari yang dijejali dengan tuntutan pekerjaan dan persaingan,tidak heran jika masyarakatnya akan mudah mengalami stres. Mudahnya bisa dilihat pada perilaku pengguna jalan yang temperamental dan ugal-ugalan, dimana karbon monoksida ikut menjadi penyebab perilaku tersebut.

Melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati ketenangan di taman-taman kota bisa menjadi pilihan untuk mengurangi stres. Ahli restorasi ekologi Tarsooen Waryono menyatakan, ketika orang melihat pohon yang tinggi, besar, dengan tajuk pohon yang lebar akan menenangkan pikiran dan mempengaruhi psikologi secara positif. Berada di sekitar pohon juga membuat udara yang kita hirup lebih bersih karena polutan akan terserap.

Beberapa jenis pohon yang mampu mengurangi gejala stres ini adalah damar (Agathis alba), mahoni (Swietenia macrophylla), asam jawa (Tamarindus indicus), johar (Cassia siamea), dan trembesi (Samanea saman). Jenis-jenis pohon yang disebutkan memang sudah tidak asing lagi di telinga. Sebab mereka umum ditanam sebagai pohon peneduh di tepi jalan ataupun di area publik. Agar kita bisa menikmati manfaatnya dan tetap sehat di ramainya kota.

Sumber :
http://www.mongabay.co.id/2015/05/07/inilah-enam-pohon-pereda-stres/

Mukhlison. 2013. Pemilihan Jenis Pohon untuk Pengembangan Hutan Kota di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kehutanan Vol VII No.1. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwip2J_O8obXAhWCN48KHV4SBUQ4ChAWCCYwAA&url=https%3A%2F%2Fjurnal.ugm.ac.id%2Fjikfkt%2Farticle%2Fdownload%2F6136%2F4842&usg=AOvVaw0ZJgqCjlLh1I5yyCwUE-Oi


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph