EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Mengambil Manfaat dari Kegiatan Pengamatan Burung (Birdwatching)

29 September 2017 kategori Jurnal

Penulis: Rahmadiyono Widodo

Dibaca: 80 Kali

Manfaat Birdwatching......

Banyak dari kita mungkin sering bertanya-tanya, “kenapa ada orang-orang ‘kurang kerjaan’ di kampus MIPA ini ya ? Burung kok diamati ?” atau kalimat lain yang senada. Kalimat-kalimat pertanyaan seperti sudah biasa didengar oleh para birdwatcher atau pengamat burung lebih-lebih yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Sebenarnya, dalam pengamatan burung atau birdwatching ada banyak sekali manfaatnya. Nah, pada rubrik ini akan disampaikan beberapa manfaat dari pengamatan burung.

1.         Bentuk monitoring kondisi burung dan habitatnya

Alam selalu berubah adalah sebuah kepastian. Saat alam berubah, komponen didalamnya juga ikut berubah tak terkecuali burung. Pengamatan burung bermanfaat untuk mengetahui kondisi terkini dari burung-burung. Hasil dari pengamatan burung dapat dijadikan data dasar untuk melakukan penelitian atau kegiatan selanjutnya.

2.         Langkah awal konservasi burung

Saat kita ingin melindungi, jelas kita harus tahu dan mengenal objek yang ingin kita lindungi. Melihat burung-burung (baik dialam maupun yang diperjualbelikan dipasar) dapat menghasilkan data awal untuk melakukan konservasi terhadap burung.

3.         Olahraga alam/outdoor

Dalam pengamatan burung di alam bebas, kita tidak hanya diam dalam satu posisi. Kita sering bergerak untuk mencari si penari angkasa karena meraka memang lincah. Pengamatan burung dialam bebas seperti hutan, gunung, savana, pantai, rawa, dan sebagainya secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk olahraga kita.

4.         Refreshing dari kegiatan perkuliahan

Mahasiswa memang terkenal banyak kegiatannya, apalagi yang sering praktikum dan “ngarap” laporan. Adakalanya pasti mengalami kejenuhan. Pengamatan burung menjadi salahsatu kegiatan refreshing yang dapat menyegarkan pikiran kita karena saat birdwatching di alam kita pasti melakukan kontak langsung dengan alam, dan berada diantara pepohonan dialam dapat menyegarkan pikiran kita.

5.         Melatih kesabaran

Dalam pengamatan burung, kita jarang bisa langsung bisa mengamati seluruh bagian burung dalam waktu yang sama. Dalam hal ini, kesabaran kita akan terlatih untuk sabar dalam mencari burung, mengamati burung hingga dapat teridentifikasi, atau bersabar untuk mendapatkan gambar yang berkualitas jika kita membidik mereka dengan kamera.

6.         Sarana memelajari alam

Alam adalah tempat belajar paling luas. Mengamati burung mau tidak mau kita juga mengamati habitatnya. Dalam mengamati habitatnya, kita akan banyak melihat interaksi yang ada di dalam alam. Saat itulah, kita juga memelajari alam.

7.         Lebih mengenal Sang Pencipta

Burung adalah salah satu makhluk ciptaanNya. Mengamati burung dapat menjadi sarana bagi kita untuk mengagumi ciptaanNya dan bersyukur atas keindahan alam yang telah Dia ciptakan untuk manusia. Ingatlah, “Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman” (QS. An Nahl : 79)   Itulah sedikit dari banyaknya manfaat pengamatan burung yang saya dapatkan.

 

Semoga yang singkat ini bermanfaat, hehe


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph