EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Menimba Air Bersih dari Udara

10 April 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 20 Kali

Menimba Air Bersih dari Udara

Air bersih adalah hak setiap orang. Sayangnya, masih banyak masyarakat di berbagai belahan dunia yang kesulitan mendapatkan air. Kondisi ini mendorong ilmuwan Australia menciptakan teknologi baru untuk mengatasi krisis air di dunia dengan mengubah udara menjadi air.

Konsep dasarnya adalah menciptakan pengembunan dengan bantuan energi panas matahari, dan dilanjutkan proses pendinginan untuk mendapatkan air layak minum. Tahap pembuatan dimulai dengan proses penyerapan air dari udara malam dengan menggunakan bahan pengering yang sama dalam gel silika, kemudian panas matahari digunakan ketika siang hari untuk menghasilkan udara panas dan lembap. Semakin panas suhu udaranya, akan semakin banyak air yang dihasilkan dari pengembunan, terakhir, udara panas itu didingankan dan didapatkan air. Proses ini merupakan rekayasa siklus pendinginan udara menjadi air di atmosfer.

Para ahli menyatakan bahwa teknologi tersebut ramah lingkungan, tidak tergantung dengan kondisi iklim dan dapat bekerja di mana saja, khususnya di negara berkembang. Biaya produksi air juga murah, yaitu sekitar Rp 200 per liter untuk minimum produksi 2.000 liter air.

 

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/03/28/173500723/untuk-atasi-krisis-air-ilmuwan-ciptakan-cara-memanen-air-dari-udara


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph