EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Nangka, Buah Serba Bisa yang Kaya Manfaat

25 October 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 51 Kali

Nangka, Buah Serba Bisa yang Kaya Manfaat

Buah Artocarpus heterophyllus atau yang kita sebut nangka termasuk buah yang mudah dijumpai dan murah di Indonesia. Rasa manis legit dan warna yang kuning cerah membuatnya banyak dilirik sebagai bahan minuman, es, puding, atau olahan pencuci mulut lainnya.

Bahkan A. heterophyllus yang masih muda juga dibuat berbagai masakan khas nusantara. Masakan seperti gudeg Yogyakarta, gulai cubadak Minangkabau, dan nasi megono Jawa Tengah tebuat dari nangka.

Selain rasa yang sedap, buah A. heterophyllus juga kaya zat gizi. Berdasarkan penelitian buah ini tinggi akan vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, dan serat. Energi yang dihasilkan juga mencukupi yaitu 95 kkal tiap 100 gramnya. Bahkan seorang peneliti di India menyatakan jika kita makan 10 - 12 lobus buah A. heterophyllus akan cukup untuk memenuhi kebutuhan makan selama setengah hari.
Tidak berhenti hanya pada buahnya, banyak bagian pohon A. heterophyllus bisa dimanfaatkan. Daun digunakan sebagai pakan ternak, kulit kayu sebagai pewarna alami oranye, zat lateks dari getah pohon untuk bahan lem, dan kayu pohon untuk mebel atau bahan bangunan.

Begitu banyak manfaat dari A. heterophyllus yang populasinya melimpah di Indonesia. Sungguh sayang jika harus berpaling dari buah lokal yang kaya manfaat ke buah import yang belum tentu segar.

Sumber :
http://intisari.grid.id/Wellness/Healthy-Food/Nangka-Buah-Lezat-Nan-Ajaib-Yang-Bisa-Menyelamatkan-Jutaan-Orang-Dari-Kelaparan?page=3
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-nangka-untuk-kesehatan/
https://en.wikipedia.org/wiki/Jackfruit
Illustrasi: https://www.stethnews.com/wp-content/uploads/2017/01/Jackfruit-Kills-Cancer.jpg


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph