EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Nectariniidae, Burung Pemakan Madu yang Tak Mau Sendiri

30 August 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 138 Kali

Nectariniidae, Burung Pemakan Madu yang Tak Mau Sendiri

Burung kecil pemakan nektar dari keluarga Nectariniidae dikenal sebagai burung madu. Mereka memiliki total 132 spesies dari 15 genus yang hidup tersebar di hutan-hutan tropis Asia dan Afrika. Keragaman tertinggi terdapat di sepanjang wilayah khatulistiwa, termasuk Indonesia yang memiliki burung madu endemik terancam punah yaitu Aethopyga duyuenbodei.

Jenis Nectariniidae terbagi menjadi dua yaitu burung pijantung dan burung madu. Sebutan burung pijantung digunakan pada Nectariniidae dari genus Arachnothera, sedangkan 14 genus lainnya disebut burung madu. Perbedaan fisik yang mudah dibedakan adalah warna bulunya.

Burung madu memiliki warna cerah dengan bulu sayap iridescence (warna berubah seiring perubahan sudut pandang) dan jantan serta betinanya memiliki seksual dimorfisme kuat dimana warna bulu jantan lebih menarik, sedangkan pada pijantung warna bulu redup; lebih kusam tanpa iredescence di sayapnya dan mereka juga tidak memiliki diforfisme seksual sehingga warna jantan dan betinanya sama.

Burung Nectariniidae mencari makan di siang hari (diurnal) dengan nektar sebagai menu utama, selain itu mereka juga memasukkan serangga, laba-laba dan lipan dalam dietnya. Cara mereka makan tidak seperti kolibri yang terbang melayang, melainkan bertengger sambil menikmati makanannya.

Nictiriniidae makan bersama pasangan atau dalam kelompok kecil. Mereka juga terkadang bergabung dalam kelompok spesies lain untuk menghindari serangan predator. Tetapi Nectariniidae akan bersikap agresif ketika spesies tak diundang bertamu ke wilayah mereka.

Sumber : https://www.britannica.com/animal/Nectariniidae http://www.encyclopedia.com/environment/encyclopedias-almanacs-transcripts-and-maps/sunbirds-nectariniidae https://en.wikipedia.org/wiki/Sunbird https://en.wikipedia.org/wiki/Spiderhunter


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph