EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pemanfaatan Tanaman Jarak Sebagai Energi Alternatif

28 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: David Pasaribu

Dibaca: 371 Kali

Bahan bakar fosil adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Bisa diperbarui tapi membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan jutaan tahun untuk membentuk sumber daya ini. Sehingga dalam penggunaannya harus dilakukan penghematan. Bahan bakar ini tergolong berbahaya dalam penggunaannya yang berlebihan karena hasil pembakarannya ( kendaraan bermotor atau pabrik ) menghasilkan gas berbahaya dan gas berbahaya lainnya.
 
Selain dilakukan penghematan,harus dilakukan pula pengembanganenergi alternatif lain agar ketergantungan terhdap bahan bakar fosil tida berlebihan. Salah satu carayang bisa dilakukann adalah dengan menciptakan energi alternatif. Energi alternatif yang dimaksud adalah energi yang ramah lingkungan dan bisa diproduksi dalam jumlah besar dan murah.
 
Salah satu energi alaternatif pengganti bahan bakar fosil adalah biodieseldari tanaman Jarak. Kelebihan dari biodiesel dari tanaman Jarak adalah bahan baku mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah dan ramah lingkungan dan kualitas yang hampir sama dengan solar hasil dari minyak bumi. Namun biodiesel ini masih perlu dikembangkan lagi agar bisa menjadi benabenar energi pengganti minyak bumi dan dapat digunakan sebagai produk olahan !ang dapat mendorong perkembangan ekonomi terutama bagi Indonesia.
 

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph