EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Sabun Herbal, Mudah Dibuat dan Ramah Lingkungan

24 October 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 104 Kali

Sabun Herbal, Mudah Dibuat dan Ramah Lingkungan

Menggunakan sabun berbahan alami (herbal) menjadi pilihan yang bijak jika kita mempertimbangkan dampak sabun berbahan kimia untuk kesehatan dan lingkungan. Penggunaan di kulit lebih aman karena tidak ada kekhawatiran kemungkinan zat kimia berbahaya terserap kulit dan menimbulkan penyakit. Sabun herbal juga dapat diuraikan dengan mudah oleh mikroorganisme sehingga menurunkan tingkat pencemaran.

Biasanya sabun herbal dibuat menggunakan bahan seperti sari minyak nabati (zaitun, kelapa, beras), tanah liat/lumpur, dan mentega. Sedangkan untuk pewarnaan dan aroma menggunakan kacang-kacangan, bambu arang, kelor, cokelat, jeruk juga karamel. Minyak jarak juga penting untuk ditambahkan untuk menghasilkan busa sabun yang lembut.

Pembuatan sabun herbalpun mudah, proses dimulai dengan merebus bahan-bahan selama 1-2 jam, lalu dituang ke cetakan dan diamkan selama 1 x 24 jam, terakhir sabun diuapkan selama 4-6 minggu dan siap digunakan.

Tantangan produksi sabun ada pada ongkos produksi yang tinggi. Hal ini terkait dengan harga bahan baku yang mahal. Kisaran harga sabun herbal di pasaran mulai dari Rp 10.000 – Rp 50.000, tergantung komposisi bahan. Tinggal sesuaikan budget kita dan pilih sabun herbal yang disukai. Mari mencoba!

Sumber :
Foto: Sabun Nebula, Nebula Soap
http://www.mongabay.co.id/2017/10/14/resah-dengan-kondisi-alam-mereka-membuat-sabun-ramah-lingkungan/ http://www.rudyct.com/PPS702-ipb/08234/lina_warlina.pdf http://www.independent.co.uk/news/uk/detergents-are-bad-for-health-and-environment-study-says-people-wash-clothes-too-often-1422265.html


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph