EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Selebrasi Kemenangan Kepiting

23 November 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 55 Kali

Selebrasi Kemenangan Kepiting

Tidak hanya pemain bola yang gemar melakukan aksi selebrasi ketika berhasil membobol gawang lawan. Kepiting bakau jenis Perisesarma eumolpe jantan juga merayakan kemenangan pertarungan dengan tarian. Kepiting akan membuat capit besarnya menunjuk ke bawah dan capit lainnya bergerak cepat naik turun sebagai bentuk tarian. Tetapi jangan salah, tarian ini bukan aksi menarik perhatian betina untuk kawin.

Tarian dilakukan ketika P. eumolpe jantan menang dalam pertarungan. Tujuannya untuk mengintimidasi lawan yang kalah agar tidak kembali dalam pertempuran dan sekaligus peringatan bagi pejantan lain yang menonton. Disisi lain tarian juga menjadi penyemangat diri agar semakin agresif menyerang.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian Paul Z. Chen, Roman L. Carraso, dan Peter K. L. Ng yang diterbitkan dalam jurnal Ethology pada Kamis (12/10/2017). Hasilnya 55% kepiting pemenang melakukan tarian sombong untuk mengejek lawan. Pihak yang kalah lalu menyelinap pergi dan tidak menantang balik. Sebanyak 65% kepiting yang melakukan tarian juga semakin agresif dan melawan kembali pihak yang kalah.

Sumber : https://www.livescience.com/60911-crabs-perform-victory-dance.html http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/eth.12696/abstract?campaign=wolearlyview http://www.panzerwelten.de


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph