EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Timun Laut yang Berenang Aktif di Laut Dalam

28 July 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 74 Kali

Timun Laut yang Berenang Aktif di Laut Dalam

Timun laut yang kita kenal umumnya tidak memiliki warna yang menarik dan berbentuk lonjong seperti timun. Namun salah satu spesies timun laut yang hidup di laut dalam ini berbeda, Enypniastes eximia memiliki tubuh transparan berwarna merah dengan tentakel dan kaki untuk berenang.

Hampir seluruh waktu E. eximia memang dihabiskan untuk berenang, mereka hanya kembali ke dasar laut untuk makan. Hal ini tidak seperti sebagian besar jenis timun laut yang hidupnya hanya di dasar. Sebagai perenang aktif E. eximia biasa berenang sekitar 50 meter dari dasar laut, pada kedalaman laut lebih dari 1000 meter.

Keunikan Enypniastes eximia lainnya adalah kemampuan mereka mengeluarkan cahaya dari tubuhnya. Cahaya akan berpendar ketika ada kontak dari luar, misalnya ketika E. eximia diserang pemangsa maka cahaya akan muncul, sehingga menunjukkan lokasi pemangsa pada predatornya. Pemangsa yang takut terhadap predatornya akan lari meninggalkan E. eximia, sehingga si timun laut aman. Persebaran E. eximia belum diketahui secara pasti karena habitatnya di laut dalam, namun mereka tercatat terlihat di kawasan Samudera India dan Pasifik.

Sumber :
http://extrememarine.org.uk/2016/11/enypniastes-eximia-can-a-sea-cucumber-be-extreme/
https://asknature.org/strategy/skin-lights-up-when-touched/#.WXStkPnyi00
http://lipi.go.id/publikasi/enypniastes-eximia-timun-laut-perenang-dari-laut-dalam-/3100
http://www.whoi.edu


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph