EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Wisata Gua sebagai Upaya Pelestarian

21 February 2016 kategori Jurnal

Penulis: February TA Ramadhan

Dibaca: 397 Kali

 Sumber : Kelompok Pemerhati Gua "Hira" Himakova

              Gua merupakan keanekaragaman non-hayati. Hal itu berarti ekosistem unik ini tidak dapat diperbaharui.  Sedangkan, pada ekositem ini begitu banyak keanekaragaman hayati seperti fauna-fauna dalam gua yang begitu unik dan beberapa diantaranya merupakan fauna endemic atau hanya dapat ditemui digua saja. Fauna unik tersebut seperti siput, kelalawar, walet, hingga ikan transparan. Tidak hanya sebagai habitat fauna, gua pun menyimpan potensi air tanah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

              Pertambangan menjadi penyebab terancamnya ekosistem ini. Batuan gamping yang merupakan pembentuk kawasan karst menjadi sasaran penambang-penambang, baik penambang besar seperti perusahaan ataupun penambang kecil seperti masyarakat lokal yang tinggal disekitarnya, batuan gamping tersebut dimanfaatkan untuk bahan baku semen hingga kosmetik. Kegiatan pertambangan ini menyebabkan terancamnya gua-gua serta fauna-fauna yang ada didalamnya. Hal tersebut karna masyarakat lokal harus memenuhi kebutuhan hidupnya, padahal dikawasan karst lain memanfaatkan ekowisata sebagai sumber perekonomian sehingga masyarakat ikut andil dalam melindungi dan melestarikan kawasan karst.

Sumber : Kelompok Pemerhati Gua "Hira" Himakova

          Ekowisata atau seperti wisata gua dapat menjadi alternatif pelestarian keanekaragaman dikawasan ini, selain itu adanya wisata gua dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat lokal. Salah satu contoh kawasan karst yang memanfaatkan kegiatan ekowisata yaitu gunung sewu, salah satu gua yang dimanfaatkannya adalah gua pindul yang kini telah banyak diketahui orang dan menjadi destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara serta orang yang belum memiliki pengalaman susur gua hingga yang sudah. Kegiatan wisata ini selain menjadi sumber penghasilan warga, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat lokal untuk menjaganya karna masyarakat sudah merasakan dampak langsung dari adanya karst serta keanekaragaman lain yang ada didalamnya.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph