EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Ada Berapa Jenis Rusa di Indonesia?

25 December 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 85 Kali

Ada Berapa Jenis Rusa di Indonesia?

Hiasan berbentuk rusa kutub banyak dijumpai di bulan Desember. Sebab ia populer dengan perannya sebagai hewan penarik kereta hadiah natal milik Santa. Selain rusa kutub yang tinggal di Arktik masih ada 42 spesies rusa yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia terdapat lima spesies rusa asli dengan dua di antaranya termasuk endemik. Siapa saja mereka?


Lima spesies rusa di Indonesia adalah rusa rusa bawean, rusa timor, rusa sambar, kijang kuning kalimantan, dan kijang biasa. Dua spesies endemik yaitu rusa bawean yang hanya tinggal di Pulau Bawean, Surabaya, Jawa Timur dan kijang kuning kalimantan yang hanya ditemukan di Pulau Kalimantan. Dari kelima spesies, rusa timor memiliki populasi terbesar sekitar 9000 ekor, baik di habitat alami atau wilayah introduksi di Indonesia.


Ada yang bingung mengapa kijang disebut rusa? Sebab semua spesies dalam family Cervidae adalah rusa. Sehingga kijang, menjangan, rusa, rusa besar yang termasuk family Cervidae disebut rusa. Ciri khas rusa adalah memiliki sepasang tanduk pada pejantan, kaki yang panjang dan kuat, ekor kecil, dan telinga panjang.

 

Referensi: Britannicaanimal diversity-kijang iucn1animal diversity-kijang kalimantanIucn2iucn3iucn4


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph