EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Apakah Katak Bisa Melahirkan?

23 February 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 1048 Kali

Apakah Katak Bisa Melahirkan?

Kita mengenal katak sebagai amfibi dengan pembuahan di luar tubuhnya. Sehingga kita dengan mudah melihat telur katak mengapung di tepian air yang tenang. Namun di Sulawesi ditemukan spesies katak yang berbeda, pembuahan terjadi dalam tubuh sehingga bayi katak tumbuh di dalam tubuh induknya dan dilahirkan setelah menjadi kecebong. Katak ini bernama Limnonectes larvaepartus.

Katak L. larvaepartus termasuk satwa endemik dengan habitatn di bagian Utara dan Barat Sulawesi. Selain katak ini memang terdapat beberapa katak yang melakukan pembuahan di dalam tubuhnya, seperti kodok Afrika dari genus Nectophrynoides dan Nimbaphrynoides. Tetapi perbedaannya kodok dari Afrika ini melahirkan anaknya pada tahap kodok berekor, sedangkan L. larvaepartus ketika anaknya masih berbentuk kecebong.

Baca juga: Kodok Merah, Amphibi Kecil Endemik Gunung Gede Pangrango

Sayangnya peneliti belum pernah menyaksikan langsung L. Larvaepartus yang sedang melahirkan di alamnya. Sehingga ada dugaan bahwa katak ini juga bisa melahirkan anaknya pada tahap katak berekor. Saat ini belum ada ancaman yang menggangu populasi katak ini di alam, sehingga cukup mudah ditemukan di sekitar sungai di habitatnya.

Refernsi: amphibiawebjournals.plos


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph