EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Asma Sunti, bumbu dapur khas Aceh

06 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 634 Kali

   Jika umumnya di indonesia ada jeruk nipis  dan tomat sebagai penambah rasa asam pada masakan, lain halnya di Aceh, provinsi dengan julukan Serambi mekkah ini memilki jenis asam tersendiri sebagai pengganti atau penambah rasa asam pada masakan yang bercita rasa asam dan pedas, seperti gulai asam pedas, sayur asam dan aneka sambal.

   Jenis asam yang digunakan adalah Asam sunti. Asam sunti merupakan asam olahan yang digunakan turun temurun oleh masyarakat di Aceh. Rasa asam pada Asam sunti berbeda dengan jenis asam pada umunya. Asam sunti diolah dari Belimbing Wuluh yang sudah matang. Hal ini ini dikarenakan belimbing yang sudah matang memiliki kandungan air yang cukup dan mudah untuk diolah.

Cara pengelola Belimbing Wuluh menjadi Asam Sunti:

1. Belimbing Wuluh yang sudah matang dikumpulkan lalu direndam diwadah dengan air secukupnya selama 2-3 hari.  Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam yang tinggi dan mudah dipisahkan dari kotoran yang melekat pada belimbing.

 

2. Setelah menunggu beberapa hari, Belimbing Wuluh kemudian dibersihkan lalu diremas sedikit untuk mengurangi kadar air sehingga memudahkan pada tahapan penjemuran, lalu ditambahkan garam hingga rasa Belimbing sedikit asin. Garam digunakan sebagai pengawet alami agar asam sunti dapat bertahan selama beberapa bulan.

3. Sebelum melakukan proses penjemuran, sebaiknya menggunakan penampang yang mudah menyerap air seperti tampah dan kain agar proses pengeringan dapat dilakukan dengan cepat.  Tahapan selanjutnya adalah penjemuran Belimbing di bawah sinar matahari. Penjemuran ini dilakukan selama 2-3 hari, namun jika cuaca terik dan tidak mendung maka penjemuran bisa dilakukan dua hari sampai berwarna kecoklatan. Selama proses penjemuran belimbing wuluh harus sering di bolak balik minimal sekali dalam sehari, agar pengeringannya merata.

4. Setelah tahapan penjemuran selesai, Belimbing Wuluh sudah menjadi Asam sunti dan bisa langsung ditambahkan pada masakan yang bercita rasa sedikit asam. Cara penambahannya sangat mudah. Jika ingin membuat gulai asam pedas diambil 5-10 Asam Sunti atau tergantung selera, bisa langsung digiling kemudian dicampur dengsan bumbu gulai lainnya yang sudah dihaluskan. Hasilnya kuah dari gulai asam pedas sedikit kental dengan citarasa asam yang nikmat. Jika ingin membuat sambal, Asam sunti bisa dijadikan alternatif lain pengganti tomat. Atau jika bosan dengan rasa telur dadar yang biasa, bisa menambahkan asam sunti yang digiling secukupnya. Asam sunti ini sangat fenomenal dan melagenda dikalangan masyarakat di Aceh. Selain rasanya yang tidak terlalu asam, tanamannya juga mudah tumbuh di daerah tropis dan tidak membutuhkan perhatian khusus selama proses pertumbuhannya.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph