EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Badut Pelana, Si Kecil yang Kuat

25 June 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 193 Kali

Badut Pelana, Si Kecil yang Kuat

Perilaku unik ikan badut pelana (Amphiprion polymnus) yang sedang memindahkan barang, terekam pertama kalinya oleh kru Blue Planet II. Tidak hanya karena mampu mendorong benda, hebatnya A. polymnus bisa mendorong hingga 10 kali lipat berat tubuhnya dengan jarak sampai 2 meter. Untuk info tambahan, ikan kecil ini memiliki panjang tubuh maksimal 13 cm.

Ikan A. polymnus membutuhkan permukaan keras untuk meletakkan telurnya, seperti cangkang, batu, ataupun botol kaca. Sayangnya, mereka tinggal di sela-sela tentakel beracun anemon karpet (Stichodactyla gigantea), yang tentu saja tidak memiliki permukaan keras. Sehingga mereka harus mencari benda keras di sekitar rumah dan mendorongnya ke naungan S. gigantea yang aman.

Perilaku menarik A. polymnus ini, pertama kali terdengar dari seorang fotografer yang menyelam di laut pulau Kalimantan bagian Malaysia. Tetapi tidak terekam. Referensi ilmiah juga hanya ada satu, yang dilakukan sekitar tahun 1970-an. Itupun tidak didokumentasikan dengan baik. Sehingga, rekaman kali ini oleh tim Blue Planet II berarti besar. Para peneliti yang dipimpin oleh ahli biologi kelautan Dr. Alex Vail, sedang menganalisa lebih lanjut dan bersiap untuk mempublikasikan hasil temuan unik ini.

 

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/06/21/173500023/terekam-kamera-ikan-badut-mampu-pindahkan-objek-10-kali-beratnya

http://fishbase.sinica.edu.tw/Summary/SpeciesSummary.php?ID=8086&AT=Saddle+back+clown


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph