EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Bagaimana Cicak dan Kadal Menumbuhkan Kembali Ekornya?

25 January 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 417 Kali

Bagaimana Cicak dan Kadal Menumbuhkan Kembali Ekornya?

Cicak dan kadal memiliki mekanisme pertahanan diri yang menarik yaitu memutuskan ekor, atau disebut juga autotomi. Ketika mereka terancam oleh predator atau kita tidak sengaja menginjak ekorrnya, maka ekor akan terlepas begitu saja dari badan mereka tanpa ada percikan darah. Bagaimana ini bisa terjadi?

Cicak dan kadal terlahir memiliki jalur yang lemah di bagian ekor yang disebut dengan fracture plane. Ketika bagian dari ekor dipukul atau mengalami tekanan, maka otot-otot di sepanjang fracture plane justru saling melepaskan diri yang dikenal sebagai refleks kejang otot. Otot-otot yang melepaskan diri menyebabkan ekor terpisah tepat di bagian yang lemah.

Baca juga: Kadal Merah Tanpa Kaki di Hutan Sumatera Utara

Regenerasi ekor dipicu oleh keberadaan sel induk radial glial dalam tulang belakang. Sel radial glial akan menghasilkan berbagai protein yang memicu pembelahan sel secara cepat. Sel-sel baru ini akan berkembang menjadi jaringan yang berbeda, seperti otot, tulang rawan, kulit, dan saraf tulang belakang untuk membentuk kembali ekor yang utuh. Biasanya diperlukan waktu sekitar satu bulan sampai satu tahun, tergantung individu dan spesiesnya.

 

Referensi: australiangeographictempohuffingtonpost

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph