EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Berapa Lama Penyu Kuat Menyelam?

01 November 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 70 Kali

Berapa Lama Penyu Kuat Menyelam?

Penyu bernapas dengan paru-paru, sehingga harus menahan napas ketika menyelam dalam air. Mereka adalah penyelam yang kuat. Sebab untuk satu tarikan napas penyu bisa bertahan hingga berjam-jam dalam air bahkan berbulan-berbulan bagi yang menjalani hibernasi musim dingin.


Lamanya waktu menahan napas sangat tergantung pada spesies, suhu, habitat dan aktivitas penyu. Saat aktivitas sehari-hari rata-rata penyu mampu menahan napas sekitar 45 menit. Tetapi ketika tidur mereka bisa tetap dalam air selama 4-7 jam. Hal unik terjadi ketika penyu hibernasi.


Penyu yang tinggal di negara empat musim melewati musim dingin dengan hibernasi. Mereka berdiam diri dalam danau atau sungai dan hanya sesekali ke permukaan. Setidaknya penyu akan berada 10 jam di air dengan aktivitas yang sangat rendah. Sehingga metabolisme tubuh lambat dan bisa menghemat pemakaian oksigen.

Baca juga: Warna Dunia dari Kacamata Kura-kura


Bahkan ada pula spesies yang hibernasi dengan terus berada dalam air selama 100 hari. Sebab lapisan es menghalangi mereka mengambil oksigen ke permukaan. Contohnya adalah Chrysemys picta dan Chelydra serpentina. Mereka merubah sistem metabolisme tubuh menjadi anaerob yang tidak memerlukan oksigen. Efek sampingnya otot menjadi tegang dan kejang.


Adapula spesies lain yang tetap menggunakan oksigen selama musim dingin. Tetapi bukan dengan cata menghirup dari permukaan. Melainkan menyerap oksigen terlarut dalam air melalui kulit tubuh, agar langsung masuk ke pembuluh darah. Dan pantat menjadi bagian tubuh terbaik untuk menyerap oksigen karena kaya pembuluh darah.

Referensi: livesciencehowstuffworksSmithsonian magoliveridleyproject


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph