EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Beruang Madu Bisa Tirukan Mimik Wajah Kawannya untuk Berkomunikasi

15 April 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 15 Kali

Beruang Madu Bisa Tirukan Mimik Wajah Kawannya untuk Berkomunikasi

Saat sedang bercanda kita sering menirukan ekspresi wajah satu sama lain. Dan perilaku tersebut bukanlah hal besar atau istimewa, mungkin begitu yang terlintas dipikiran kita. Tetapi menirukan mimik wajah adalah salah satu bentuk komunikasi kompleks yang selama ini diyakini hanya ditemukan pada spesies dengan sistem sosial kompleks seperti manusia dan primata, juga hewan domestikasi seperti anjing.

Penelitian terbaru pada beruang madu di Bornean Sun Bear Conservation Centre Malaysia mematahkan keyakinan lama. Beruang madu sebagai hewan soliter juga menunjukkan perubahan mimik wajah mengikuti ekspresi teman mainnya. Penyesuaian ekspresi menjadi tanda bahwa mereka siap untuk bermain lebih intens dan kasar untuk menguatkan ikatan sosial.

Baca juga: Pertemanan Beruang Madu dan Hutan

Beruang madu yang memiliki nama ilmiah Helarctos malayanus adalah jenis beruang terkecil dengan tinggi sekitar 120-150 cm. Mereka tinggal di hutan hujan tropis termasuk Sumatera dan Kalimantan. Mereka aktif ketika malam, sehingga ketika siang hari mereka tidur dan senang mandi matahari di antara ranting-ranting pohon pada ketinggian 2-7 meter. Sayangnya, status konservasi mereka saat ini rentan (Vulnerable). Utamanya karena habitat yang hilang akibat perubahan fungsi hutan.

Referensi: newscientistiucnredlistanimaldiversity

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph