EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Burung Julang yang Terus Bekurang

28 August 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 125 Kali

Burung Julang yang Terus Bekurang

Maraknya perburuan hewan yang dilindungi disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat. Salah satunya yang terjadi pada burung julang atau burung alo di Sulawesi. Masyarakat setempat memiliki anggapan bahwa seseorang dikatakan hebat jika dapat menangkap burung tersebut. Selain diburu, habitatnya di Sulawesi pun kini berkurang.

Julang sulawesi (Aceros cassidix) menempati posisi rentan berdasarkan Uni Konservasi Internasional (IUCN). Meskipun demikian burung tersebut masih dapat ditemukan di kawasan konservasi atau hutan lindung. Burung endemik Sulawesi ini  memiliki ciri khas berupa paruh yang besar dan berwarna kuning. Ia memiliki kantung biru pada tenggorokannya dengan warna tubuh hitam dan ekornya putih.

Burung yang dijuluki petani hutan ini juga memiliki peran penting untuk membantu regenerasi hutan. Ia menyebarkan biji dari buah yang dimakannya dengan luas cakupan hingga 100 kilometer.

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/08/27/104447123/burung-julang-satwa-endemik-sulawesi-yang-populasinya-terus-berkurang


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph