EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Camilan Sehat dan Enak Si Biji Nangka

29 April 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 202 Kali

Camilan Sehat dan Enak Si Biji Nangka

Buah nangka memang enak dengan rasa segar dan manis legitnya. Tidak berhenti pada buah, masyarakat di berbagai daerah juga gemar mengkonsumsi biji nangka sebagai camilan. Kalau masyarakat Jawa menyebut biji nangka dengan nama beton. Biasanya beton direbus sampai empuk sebelum dimakan. Rasanya sedikit gurih manis seperti talas.

Rasa biji nangka yang enak juga didukung oleh nutrisi dan banyaknya manfaat yang terkandung. Tiap 100 gram biiji nangka terdapat 185 kalori, 7 gram protein, 38 karbohidrat dan 1,5 gram serat. Selain itu beragam mineral seperti riboflavin, tiamin, kalsium, magnesium, zat besi, seng, potasium, tembaga, dan mangan juga akan kita peroleh.

Baca juga: Mewarnai Kain menggunakan Nangka

Kandungan riboflavin dan tiamin akan membuat makanan tercerna lebih baik karena mereka membantu mengkonversi makanan menjadi energi. Sebagai tambahan dua mineral ini juga bermanfaat menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut. 

Tidak hanya mineral, biji nangka punya anti bakterial yang bisa mencegah kita mengalami keracunan makanan. Sebab anti bakterialnya mampu melawan bakteri Escherichia coli dan Bacillus megaterium.

Bagi orang yang terinfeksi virus HIV 1 (human immonodeficiency virus) bisa menambahkan biji nangka dalam daftar camilan. Karena kandungan protein yang disebut jacalin berpotensi menguatkan sistem imun.

Masih ada lagi manfaat biji nangka antara lain menguatkan tulang (kalsium), melawan anemia (zat besi) dan meningkatkan gairah seksual. Kekayaan manfaat dan nutrisi dalam biji nangka ini juga menarik masyarakat di beberapa daerah untuk menggunakannya sebagai bahan obat tradisional.

Referensi: kumparancnnindonesiastylecrazeboldsky


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph