EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Cemara Norfolk Si Pohon Pembuat Rindang Jalanan ITERA

06 March 2020 kategori Jurnal

Penulis: Nur Afni

Dibaca: 268 Kali

CEMARA NORFOLK SI POHON PEMBUAT RINDANG JALANAN ITERA

SALAM LESTARI!!!

Didukung dengan lahan seluas 275 Ha, tidak heran jika ITERA menjadi salah satu kampus yang berbasis lingkungan hidup ( Forest Campus). ITERA memiliki panorama akses jalan menuju ke setiap gedung kuliah dengan bermacam-macam pohon yang menjadi hiasan sisi tengah jalan.

Salah satu pohon yang menghiasi sisi tengah jalan adalah pohon Cemara Norfolk. Cemara Norfolk atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Araucaria hetropylla merupakan pohon besar dengan batang tegak yang sangat besar mencapai tinggi 30-80 meter.

Selain menjadikan kampus ITERA semakin Rindang dan Hijau, cemara Norfolk juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia aantara lain:
1. Meredakan Stress
Dr Birgitta Gatersleben, seorang ahli psikologi lingkungan yang berasal dari University of Survey menjabarkan jika pohon cemara dapat meredakan stres yang dialami seseorang. Kemampuan pohon cemara menghilangkan stres dikaitkan dengan makna pohon cemara yang berarti kesejahteraan dan kepuasan dalam kehidupan. Hal tersebut berarti pohon cemara bisa memberikan suasana alam yang secara tak langsung mengatasi stress dan meringankan penyakit mental.
2. Mengatasi Bronchitis dan Batuk
Aroma menyegarkan dari pohon cemara tidak cuma untuk pengharum ruangan, tapi dia punya efek menyembuhkan untuk keluhan batuk-batuk maupun bronchitis. Minyak yang diolah dari pohon cemara dikenal ampuh mengatasi keluhan paru-paru, baik batuk-batuk, sinus, hingga bronchitis.
3. Mengobati Cacingan
Akar pohon ini dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengobati cacingan sebelum ditemukannya resep obat konvensional yang mudah didapatkan di apotik seperti sekarang ini. Jika pohon cemara tumbuh di sekitar lingkungan Anda, maka peliharalah dengan baik karena pohon ini menyimpan banyak khasiat.
4. Mengandung Vitamin C
5. Sebagai bumbu Masakan
6. Mencegah Abrasi
Pohon cemara memiliki akar-akar yang dalam dan kuat sehingga pohon cemara sering ditanam di wilayah pantai dengan tujuan untuk mencegah abrasi pantai. Selain memiliki akar yang kuat, pohon cemara tahan guncangan dari tiupan angin pantai yang kencang sehingga pohon ini sangat ideal untuk mencegah pengikisan daratan yang diakibatkan oleh abrasi pantai.
7. Menyuburkan Tanah
Rontoknya daun cemara akan menggemburkan tanah di sekitarnya dan hal ini baik untuk menyuburkan lahan pertanian, sekaligus menguntungkan bagi petani dan para penggarap lahan di mana deretan pohon cemara tumbuh.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh pohon Cemara Norfolk dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Terimakasih semoga bermanfaat.

SALAM LESTARI!!!


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph