EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Darimana Asal Buah Salak?

21 December 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 107 Kali

Darimana Asal Buah Salak?

Buah bersisik tajam dengan warna kulit coklat ini kita kenal sebagai salak. Memiliki nama ilmiah Salacca zalacca atau Salacca edulis, salak adalah buah asli Indonesia. Dia tumbuh liar di Barat dan Selatan Pulau Jawa serta Selatan Sumatera lalu dibawa untuk ditanam di pulau-pulau Indonesia lainnya, Malaysia, Thailand hingga Filipina.


Salak adalah tanaman berumah dua, sehingga memerlukan tanaman jantan dan betina untuk berbuah. Setidaknya terdapat satu jantan di antara sembilan betina agar penyerbukan bisa terjadi. Bunga mulai muncul tiga atau empat tahun setelah tanam dan bisa produktif hingga 50 tahun. Proses pematangan buah butuh waktu lima hingga tujuh bulan, sehingga musim panen di Indonesia biasanya pada Mei dan Desember.


Kini telah ada lebih dari 30 kultivar salak dengan dua yang paling terkenal adalah pondoh dan Bali. Salak pondoh berasal dari Yogyakarta dan salak Bali seperti namanya berasal dari Bali. Sejak ditemukan sekitar tahun 1980, salak pondoh merajai pasar. Masyarakat menyukai wangi pondoh yang kuat dan rasa manisnya meski belum matang.

Referensi: thefernsplantnetwikipedia


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph