EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Dracaena cantleyi, Balsamnya Orangutan

30 January 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 244 Kali

Dracaena cantleyi, Balsamnya Orangutan

Pengamatan panjang pada populasi orangutan di hutan Sabangau, Kalimantan Tengah menunjukan satu fakta menarik. Orangutan juga suka memakai balsam. Sejak pengamatan tahun 2003 tertangkap tujuh momen dimana orangutan menggunakan ‘balsam’ dari ekstrak tanaman Dracaena cantleyi untuk pengobatan.

Daun-daun D. cantleyi akan dikunyah sampai mengeluarkan busa putih, lalu busa inilah yang digosok-gosokan ke bagian tubuh mereka. Ampas daun yang telah dikunyah akan dibuang dan tidak dimakan.

Tanaman D. cantleyi merupakan tanaman obat yang digunakan masyarakat adat Kalimantan untuk mengobati radang sendi dan otot. Hasil analisis di laboratorium farmakologi juga menunjukan bahwa ekstrak daun D. cantleyi memang memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga bisa digunakan untuk radang sendi.

Dugaan para peneliti, orangutan melakukan pengobatan untuk menenangkan otot dan persendian yang sakit akibat membawa bayi melalui kanopi hutan setiap harinya. Sebab sebagian besar perilaku pengobatan ditemukan pada orangutan betina dewasa. Mungkin karena waktu asuh anak orangutan yang lama, hingga 8-9 tahun.

Sumber :
http://sains.kompas.com/read/2018/01/14/210500223/mirip-manusia-orangutan-juga-gunakan-balsam-untuk-redakan-pegal
http://sains.kompas.com/read/2017/05/19/090600223/ekstrem.bayi.orangutan.menyusu.selama.8.tahu


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph