EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Elang Bondol, Sang Maskot Asian Para Games

11 October 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 53 Kali

Elang Bondol, Sang Maskot Asian Para Games

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah dalam kontes bergengsi Asian Para Games. Seluruh penyandang disabilitas berbakat di Asia dipertemukan dalam kontes olagraga tersebut. Tak hanya itu, maskot dari kontes yang diselenggarakan di Jakarta ini pun tak kalah menyita perhatian. Panitia memilih elang bondol (Haliastur indus) sebagai maskot Asian Para Games 2018. Nama maskot yang diberikan panitia adalah Momo yang merupakan singkatan dari motivation dan mobility.

Momo merupakan elang bandol asal Kepulauan Seribu. Elang ini mudah dikenali karena memiliki keunikan. Bulunya berwarna putih menutupi kepala hingga leher sedangkan punggungnya berwarna coklat kemerahan. Cakarnya tajam untuk mencengkram, paruhnya melengkung dengan ujung yang runcing. Ia merupakan pemangsa ikan yang cekatan.

Biasanya elang bondol hidup soliter, namun jika dalam kondisi wilayah makanan melimpah mereka akan membentuk kelompok hingga berjumlah 35 individu. Sayangnya, menurut survey yang dilakukan oleh Jakarta Animal Aid Network (JAAN) pada tahun 2013 jumlah burung khas Jakarta ini tidak lebih dari 25 individu. Berbagai ancaman seperti perburuan ilegal dan penyempitan habitat asli menyebabkan populasinya semakin menurun.

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/10/07/202203923/mengenal-elang-bondol-yang-jadi-maskot-asian-para-games


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph