EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Mawar putih

24 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: Winda Alvianita

Dibaca: 1965 Kali

Rosa Alba yang disebut juga dengan nama White Rose of York dalam bahasa Inggris merupakan mawar taman berwarna putih yang paling tua dan hanya berbunga setahun sekali. Karena mawar putih (rosa alba) ini merupakan salah satu contoh mawar taman paling tua yang ada di bumi ini, maka tak jarang orang mengenal nama latin bunga mawar putih identik dengan rosa alba.
 
Bunga mawar memiliki akar yang berserabut dan memanjang kebagian bawah, bentuk akar bunga mawar bulat memanjang dan berwarna kecoklatan muda dan tua. Akar tanaman ini memiliki fungi utama bagi bunga mawar yaitu untuk menyokong tanaman agar tetap tegak dan berdiri, serta menyerap unsur hara dan air yang ada di dalam tanah dengan maksimal.
 
Bunga mawar memiliki batang bulat memanjang dan tidak beraturan. Batang bunga mawar ini berduri, bercabang – cabang berwarna kecoklatan, kehijauan lumut dan juga abu-abu. Batang bunga mawar ini memiliki peran yang sangat penting untuk tanaman yaitu menyokong cabang dan bunga pada tanaman. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki diameter yang sangat kecil dan juga sangat rentan terhadap predator besar yang menyerang.
 
Bunga mawar memiliki daun majemuk yang terdiri dari 5-9 anakan daun yang terdapat dalam satu cabang. Daun pada bunga mawar memiliki bentuk bulat kecil memanjang dengan ukuran 2-3 cm meruncing dan ada juga yang berigi. Daun pada bunga mawar memiliki warna hijau muda dan hijau tua yang menopang pada tangkai batang yang terdapat di ujung tangkai dengan panjang 1-2 cm.
 
Bunga mawar ini adalah majemuk yang terkumpul atas benag dan putik, bunga pada tanaman ini memiliki bentuk seperti bulat tetapi memiliki lapisan-lapisan bunga yang terdiri dari 20-26 lapisan bahkan lebih tergantung dengan besar bunga. Bunga pada tanaman ini memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam mulai dari warna putih, merah dan juga kekuningan. Bunga ini adalah salah satu tempat penyerbukan dan pembuahan yang terjadi penyatuan antara benang sari dan putih hingga akan membentuk bakal biji.
 
Biji pada bunga mawar ini terdapat di bagian bunga, sehingga tidak tampak jelas jika melihatnya dari jauhan. Biji tanaman ini di lindungi oleh buah yang membungkus biji, biji pada tanaman ini memikiki bentuk bulat, oval memanjang berkukuran sangat kecil. Memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman, serta di bagian dalamnya berwarna keputian dan kecoklatan.
 
Sumber bacaan
bunga-mawar.com/2015/01/nama-latin-bunga-mawar-putih.html
http://bunga-mawar.com/2014/12/manfaat-bunga-mawar-putih.html

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph