EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Eukaliptus Pelangi, Satu-satunya yang Tinggal di Utara

25 July 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 67 Kali

Eukaliptus Pelangi, Satu-satunya yang Tinggal di Utara

Pohon eukaliptus identik dengan benua Australia. Sebab memang hampir semua jenis pohon dari genus Eucalyptus tumbuh di sana. Tetapi ada spesies yang asli Indonesia, namanya eukaliptus pelangi atau Eucalyptus deglupta. Pohon ini alami tersebar di Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini juga menjadi satu-satunya spesies eukaliptus yang tumbuh di belahan bumi utara.


Sebutan pohon pelangi diperoleh karena warna kulit batang yang berwarna-warni. Ketika musim hujan, kulit batang berwarna oranye. Kemudian saat masuk musim kemarau kulit batang akan mengelupas dan muncul warna-warna hijau, merah, oranye, abu-abu, ungu dan coklat membentuk garis-garis vertikal pada batang. Cantik mirip seperti pelangi.

Baca juga: Pohon Ajaib Tak Hanya Imajinasi


Tidak hanya warna batang yang cantik, pohon eukaliptus pelangi bisa menjadi pohon perintis pada tanah bekas erosi dan letusan gunung berapi. Dia juga mampu mengembalikan kondisi tanah yang rusak sehingga ditanam untuk reboisasi hutan. Batangnya diolah menjadi kertas dan digunakan sebagai bahan mebel serta kontruksi bangunan. Bahkan di Hawaii, pohon pelangi ditanam sebagai pohon peneduh di tepi jalan.

Referensi: The FernsGardeniaWikipedia

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph