EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Gabus, si Ikan Predator Air Tawar

24 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 601 Kali

  Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang banyak digemari sebagian besar masyarakat indonesia. Terutama di daerah kalimantan Selatan. Di derah ini, Ikan gabus dikenal dengan nama Ikan Haruan dan menjadi salah satu makanan pelengkap khas ketupat kandangan di daerah tersebut. Selain lezat untuk dijadikan bahan pangan, ikan Gabus juga memilki nilai gizi yang tinggi. kandungan albumin pada ikan Gabus diperlukan dalam pengobatan luka dan penyembuhan berbagi penyakit.


  Ikan gabus dapat di hidup di sungai, danau, rawa. Panjangnya mencapai 60- 75, kepalanya besar agak gepeng, dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Bentuk tubuh bulat gilig memanjang sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Ikan gabus merupakan hewan predator pemangsa ikan ikan kecil, serangga dan hewan air lainnya.


  Menurut data yang dilangsing dari IUCN, Ikan pemilik nama ilmiah Channa striata adalah spesies yang kompleks yang tersebar luas tanpa ancaman besar karena ikan ini merupakan ikan predator yang dinilai sebagai The Least Concern. Namun di Indonesia sendiri Ikan ini semakin hari semakin jarang dijumpai, hal ini desebabkan oleh faktok penyakit di sekitar rongga coelomic yang dipenuhi oleh trematoda larva Isoparorchis hypselobargi. Selain itu pemburuan Ikan gabus kecil untuk dijadikan umpan ikan hias juga menjadi penyebab semakin langkanya ikan ini.

 

Sumber: 

Kusmini Irin Iriana dkk. 2016. Budidaya Ikan Gabus. Bogor: Penebar Swadaya Grup

http://www.iucnredlist.org/details/166563/0

http://www.fishbase.org/summary/Channa-striata.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_gabus

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph