EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Garangan, Karnivora Kecil yang Tidak Pilih-pilih Makanan

15 May 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 17 Kali

Garangan, Karnivora Kecil yang Tidak Pilih-pilih Makanan

Karnivora kecil mirip musang ini adalah garangan, dia memiliki nama ilmiah Herpestes javanicus. Sesuai namanya, habitat garangan di Indonesia meliputi seluruh Pulau Jawa dan juga bagian utara Pulau Sumatera. Meskipun penduduk di Pulau Jawa sangat padat dan sebagian besar area hutan telah beralih fungsi, tetapi garangan masih cukup mudah dijumpai. Sebab si karnivora kecil ini mudah beradaptasi dan tidak pilih-pilih makanan.

Baca juga: Kelinci Memakan Anaknya bukan karena Lapar

Jenis makanan garangan sangat beragam. Mulai dari serangga, bekicot, katak, kadal, tikus, telur, burung, hingga ular. Dia bukan hewan pemilih, sehingga apapun hewan yang ada bisa menjadi mangsanya. Sebagai anggota suku Herpestidae yang dikenal sebagai pembunuh ulung, garangan juga tangkas membunuh ular beracun. Dia akan menggigit bagian belakang kepala ular sebelum memangsanya. 

Di perumahan penduduk yang tinggal dekat dengan perkebunan atau semak-semak, garangan juga sering datang mengganggu ayam peliharaan mereka. Sehingga garangan diburu dan dibunuh. Tetapi tidak hanya jadi pengganggu, garangan juga bisa dimanfaatkan sebagai predator alami tikus di perkebunan atau sawah. Hasil panenpun tetap aman.

 

Referensi: iucnredlistanimaldiversity.orgcolumbia.edufoto garangan


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph