EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Greencamp 2019

07 August 2019 kategori Jurnal

Penulis: Winda Alvianita

Dibaca: 66 Kali

GreenCamp 2019  

 

 

Bersama RMI, saya mengikuti greencamp 3 hari 2 malam di desa Ciwaluh. Kegiatan ini diadakan sekaligus untuk bersama-sama belajar mengenai sampah yang kian hari makin mengkhawatirkan. Dengan tema Reduce Reuce Refuse, saya belajar bagaimana cara mengolah sampah, baik sampah organik maupun anorganik. Perjalanan dimulai dari kantor RMI di Bogor, pukul 8 pagi rombongan bersama-sama menuju desa Ciwaluh, desa ini berdampingan langsung dengan TN Gunung Gede. Saat ini Desa Ciwaluh sedang mengembangkan desanya menjadi desa Ekowisata, dibantu dari teman-teman RMI desa ini berharap desanya bisa menjadi tujuan wisata sekaligus tempat belajar. Memanfaatkan sungai Cisadane sebagai daya tarik wisata. Hari pertama, saya sudah mendapatkan teman dari berbagai organisasi, LSM, maupun universitas lain. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 80 orang, yang dibagi dalam beberapa kelompok kecil.

Di hari pertama kami banyak mengikuti permainan yang tentunya menyenangkan. Hari kedua, kami mulai diajarkan bagaimana cara mengolah sampah, dari sini saya banyak belajar dan banyak mendapatkan ilmu. Selain itu di hari kedua kami juga diminta untuk melakukan wawancara kepada masyarakat lokal, mencari tau isu apa yang sedang berkembang dan hasilnya dipersentasikan di hadapan yang lain dan mencar solusi bersama. Di malam harinya setiap kelompok melakukan pentas seni, menampilkan bakat yang dimiliki diterangi dengan api unggun. Di hari ketiga, kami melakukan tracking bersama menuju bukit di seberang area perkemahan kami dan selanjutnya kami berpamitan, pulang ke rumah masing-masing, membawa cerita yang siap kami sampaikan kepada keluarga dan teman-teman. Walaupun lelah semua bahagia, selalu tertawa bersama, berbagi bersama.

3 hari 2 malam, saya banyak belajar dari banyak orang, tidak hanya tentang mengolah sampah tapi juga tentang apa saja yang mereka telah lakukan terkait sampah maupun hal lain, saya belajar tentang kemanusiaan dari banyak relawan yang membantu kegiatan ini. Terimakasih Desa Ciwaluh, terimakasih RMI, dan tentunya terimakasih BW yang telah memberi saya kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan ilmu yang belum pernah saya dapatkan.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph