EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Gurita Tak Sekadar Meramal Piala Dunia

06 July 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 219 Kali

Gurita Tak Sekadar Meramal Piala Dunia

Masih lekat di ingatan bagaimana Paul, seekor gurita di Jerman dengan tepat meramalkan pertandingan sepak bola. Sebanyak 12 dari 14 pertandingan dapat diramalkan dengan tepat termasuk laga final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pada Piala Dunia 2018 hadir kembali seekor gurita peramal. Berbeda dari sebelumnya gurita pasifik raksasa bernama Rabio yang ditemukan di perairan Jepang ini pun dengan tepat meramalkan laga tim nasional Jepang. Nahas peran Rabio sebagai peramal piala dunia berakhir dijual sebagai bahan makanan dan kini perannya digantikan oleh Rabio Jr.

Tak sekadar meramalkan piala dunia, gurita dikenal sebagai hewan yang cerdas. Genom Octopus Bimaculoides menunjukan kecerdasan luar biasa pada gurita. Para peneliti berspekulasi bahwa hewan yang memiliki masa hidup singkat ini dapat menduplikasi genom keseluruhan dan memungkinkan terjadi evolusi sifat baru. Clifton Ragsdale, neurobiolog University of Chicago mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sekuen genom pertama makhluk alien. Peneliti juga mengungkapkan bahwa ribuan gen hanya ditemukan pada gurita, cumi-cumi dan cephalopoda lainnya.

Hewan yang dilindungi Animals (Scientific Procedures) Act 1986 di Britania Raya ini memiliki daya ingat yang luar biasa. Selain itu ia memiliki sistem saraf yang kompleks, tiga jantung, dan delapan lengan yang kaya akan neuron. Gurita juga memiliki tubuh yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan ia untuk bersembunyi dengan menyelipkan diri pada celah batuan sempit di dasar laut. Untuk mengalihkan perhatian predator, gurita dapat berkamuflase serta memutuskan lengannya sendiri.

Sumber :

 

http://www.laporanpenelitian.com/2015/08/4.html?m=1

www.sciencealert.com/fisherman-kills-japan-pacific-octopus-rabio-pedict-world-cup

https://id.wikipedia.org/wiki/Gurita


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph