EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Hapus Zat Beracun Arsenik di Tanah dengan Paku

21 May 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 196 Kali

Hapus Zat Beracun Arsenik di Tanah dengan Paku

Zat arsenik merupakan jenis logam berat yang alami terkandung dalam tanah, air dan udara. Sifatnya beracun dan karsinogenik (bisa memicu kanker). Berdasarkan ikatan kimianya terdapat dua bentuk arsenik yaitu organik dan an organik. Jenis anorganik adalah yang dinilai berbahaya bagi kesehatan.

Selain alami, arsenik juga dihasilkan sebagai produk sampingan dalam pertambangan emas, perak, atau perunggu. Sehingga bekas galian tambang terkontaminasi arsenik berkadar tinggi yang membahayakan bagi penduduk sekitar. Sebab dia bisa terakumulasi pada air tanah dan tanaman pangan. Dan sayangnya beras menyerap arsenik sepuluh kali lipat tanaman pangan lainnya.

Membersihkan sisa logam berat adalah pekerjaan sulit, panjang, dan mahal. Sehingga banyak perusahaan tambang yang lepas tangan. Untungnya peneliti telah menemukan salah satu solusi murah untuk menghilangkan arsenik dari tanah, yaitu dengan tanaman paku Pteris vittata.

Baca juga: Resep Pakis Sedap dan Sehat

Paku P. vittata termasuk jenis paku tanah. Penanaman P. vittata selama lima tahun pada lahan terkontaminasi arsenik mampu menghapus hampir 50% kandungannya. Meskipun perlu waktu yang lama, tetapi biayanya murah. Juga paku P. vittata tumbuh luas di berbagai belahan bumi dan bisa tumbuh pada rentang ketinggian 0-2700 m dpl. Mudah beradaptasi dan mudah ditemukan.

Referensi: kompasnutrition.org.ukmineralseducationcoalitioniucnredlist

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph