EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pesona Arwana Asli Indonesia

23 May 2017 kategori Jurnal

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 824 Kali

      Banyak jenis ikan air tawar hias yang berasal dari luar negeri. Namun lain halnya dengan Ikan hias yang satu ini, yaitu Ikan Arwana/ Siluk (Sclerophagus sp). Jika dikaji dari asal muasalnya, ikan arwana ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Arwana yang berasal dari Brazil dan berasal dari Indonesia. Ikan arwana merupkan ikan asli indonesia terdiri dari dua jenis yaitu Sclerophagus formasus yang berasal dari Kalimantan dan Sumatra, serta Sclerophagus jardini yang berasal dari Irian. Kedua jenis ikan ini memiliki bentuk badan yang agak tebal dan memanjang, tetapi tidak meruncing ke arah ekor, matanya besar dan memiliki sirip punggung dan sirip perut ke arah ekor relatif kecil.

 

 

      Sclerophagus formasus dijuluki sebagai “ The Star of Indonesian Ornamental Fish”. Hal ini dikarenakan keindahan warnanya yang beranekaragam. Mulai dari warna hijau, kuning, putih keperakan hingga kuning kemerahan, Selain warnanya yang indah. Sebagian masyarakat mempercayai ikan ini sebagai Ikan Dewa yang membawa keberuntungan. Maka dari itu tak salah ikan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasar dunia.

 

Selain Sclerophagus formasus. Ikan dengan nama latin Sclerophagus jardini juga memilki keindahan tersendiri. Ikan yang berasal dari Irian ini memilki warna perak agak keunguan atau berwarna merah muda.

 

Kingdom   : Animalia

Filum        : Chordata

Kelas        : Actinopterygii

Ordo        : Oseteoglossiformes

Famili       : Osteoglossidae

Genus      : Scleropages

Spesies    : Scleropages formosus

 

Kingdom    : Animalia

Filum         : Chordata

Kelas        : Actinopterygii

Ordo         : Oseteoglossiformes

Famili        : Osteoglossidae

Genus        : Scleropages

Spesies      : Scleropages jardini

 

 

Sumber :

https://fachrisuryari.wordpress.com/2013/02/13/ikan-arwana-scleropages-formosus/


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph