EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Elang bondol

21 October 2014

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: haris husein

Dibaca: 2884 Kali

Deskripsi

Burung Elang Bondol berukuran sedang (45 cm), berwarna putih dan coklat pirang. Elang bondol yang remaja berkarakter seluruh tubuh kecoklatan dengan coretan pada dada. Warna berubah putih keabu-abuan pada tahun kedua, dan mencapai bulu dewasa sepenuhnya pada tahun ketiga.Ujung ekor bundar.Iris coklat, paruh dan sera abu-abu kehijauan, kaki dan tungkai kuning suram.Ketika dewasa,karakter tubuhnya adalah,kepala, leher, dada putih. Sayap, punggung, ekor, dan perut coklat terang. Kontras dengan bulu primer yang hitam. Makanannya adalah, hampir semua binatang, hidup atau mati.Di perairan, makanannya berupa kepiting, dan di daratan memakan anak ayam, serangga, dan mamalia kecil. Sarang berukuran besar, dari ranting pada puncak pohon. Telur berwarna putih, sedikit berbintik merah, jumlah 2-3 butir. Berkembang biak pada bulan Januari-Agustus, dan Mei-Juli.

Kebiasaan

Biasanya sendirian, tetapi di daerah yang makanannya melimpah dapat membentuk kelompok sampai 35 individu. Ketika berada di sekitar sarang, sesekali memperlihatkan perilaku terbang naik dengan cepat diselingi gerakan menggantung di udara, kemudian menukik tajam dengan sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang. Terbang rendah di atas permukaan air untuk berburu makanan, tetapi terkadang juga menunggu mangsa sambil bertengger di pohon dekat perairan, dan sesekali terlihat berjalan di permukaan tanah mencari semut dan rayap. Menyerang burung camar, dara laut, burung air besar, dan burung pemangsa lain yang lebih kecil untuk mencuri makanan. Elang bondol suka melakukan akrobatik selamamusim kawin selama (November-Desember) baik dekat pasangannya maupun didekat sarangnya.


---

Spesies:
burung

Nama Local:
Elang bondol

Nama Latin:
Haliastur indus

Habitat:
rawa-rawa

Distribusi:
India, Cina selatan, Asia tenggara, Indonesia, Australia.Di Indonesia, penyebaran nya ada di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua

Manfaat/Keunikan:
dijadikan sebagai maskot kota Jakarta, dan di India, dianggap sebagai representasi kontemporer Garuda, burung suci Wisnu.


Tulis Komentar

Komentar

wijaya khrisma 5 years ago

bagus sekali patut di contoh good like everybody

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph