EN | ID
Ingat saya
KATALOG

sikatan emas

31 October 2014

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: haris husein

Dibaca: 1075 Kali

Deskripsi
Burung berukuran 13 cm., berwarna kuning, putih, dan hitam (jantan) atau coklat (betina). Jantan: tunggir, tenggorokan, dada, dan perut atas kuning; perut bawah dan penutup ekor bawah putih. Bagian lain hitam, kecuali alis dan garis-sayap yang putih. Betina: tubuh bagian atas coklat-buram, tubuh bagian bawah berwarna lebih pucat, tunggir kuning-buram. Perbedaannya dengan jantan dan betina Sikatan narsis: alis putih, punggung jantan lebih hitam, dan tunggir betina kuning.
Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Kebiasaan

Bersembunyi di dalam tajuk pohon. Lebih sering terdengar dari pada terlihat. Merupakan burung migran yang berkunjung ke Indonesia pada bulan-bulan oktober-maret.


---

Spesies:
burung

Nama Local:
sikatan emas

Nama Latin:
Ficedula zanthopygia

Habitat:
Lebih sering terdengar daripada terlihat. Mengunjungi daerah bersemak dan pohon rimbun sampai ketinggian 900 mdpl.

Distribusi:
Burung migran di Negara kita. Berbiak di Transbaikalia bagian timur dan Mongolia bagian timur ke timur sampai Rusia bagian tenggara (Amurland selatan, Ussuriland selatan), ke selatan sampai Cina bagian tengah dan timur, dan Korea, dan secara sporadis sampai Jepang bagian barat; saat musim dingin bermigrasi ke selatan sampai Cina selatan, Asia tenggara, dan Sunda Besar.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph