EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Kadalan Sulawesi

29 December 2014

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 1685 Kali

Besar (51 – 53 cm.). Punggung bagian atas merah marun, mahkota dan muka kelabu gelap, sayap ungu gelap. Tenggorokan dan dada merah bata, perut kelabu gelap. Iris merah. Paruh tebal, bagian atas melengkung, berwarna kuning-terang, bagian ujung paruh hitam bernoktah putih; dibawah lubang hidung dan rahang bawah merah. Burung muda menyerupai dewasa, tetapi iris mata cokelat, dan paruh kuning.

Endemik atau hanya diketahui hidup di Subkawasan Sulawesi.
Terdiri daari 3 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • calyorhynchus (Temminck, 1825): Sulawesi utara, timur, dan tenggara; serta Kepulauan Togian. Ciri: berwarna lebih gelap.
  • meridionalis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1896): Sulawesi tengah dan selatan. Ciri pembeda: Mahkota dan tubuh bagian bawah lebih pucat. Ciri: mahkota dan tubuh bagian bawah berwarna lebih pucat.
  • rufiloris (Hartert, 1903): Butung. Ciri pembeda: bulu-bulu di atas kekang berwarna merah-karat, dan bukannya abu-abu.

Burung penetap yang mudah dijumpai, menghuni hutan primer dan sekunder, tepi hutan, petak-petak hutan yang tersisa, semak, hutan terbuka dan lahan budidaya dengan pohon jarang di dataran rendah sampai ketinggian 1300 mdpl.

Makanan utamanya serangga, termasuk ulat bulu, belalang, dan kumbang. Bergerak melompat dan merangkak seperti tupai di tajuk pohon yang tinggi, mengikuti pergerakan gerombolan kera untuk memangsa serangga yang berterbangan ketika gerombola kera mencari makan di tajuk hutan. Juga terkadang bergabung dan mengikuti pergerakan bubut Sulawesi Centropus celebensis.

Musim berbiak pada bulan November – Desember. Bentuk sarang belum dideskripsikan. Telur berwarna putih, berukuran 36×31 mm. Belum ada catatan mengenai jumlah telur per pasangannya. Pernah tercatat anakan burung ini yang diasuh oleh burung-madu siparaja Aethopyga siparaja.


Kadalan Sulawesi

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Kadalan Sulawesi

Nama Latin:
Rhamphococcyx calyorhynchus

Habitat:

Distribusi:
Endemik Sulawesi

Manfaat/Keunikan:
Hutan primer dan sekunder, tepi hutan, petak-petak hutan yang tersisa, semak, hutan terbuka dan lahan budidaya dengan pohon jarang di dataran rendah sampai ketinggian 1300 mdpl.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph