EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Raja Udang Kalung-Biru

04 January 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 929 Kali

Burung Raja-udang kalung-biru (Alcedo euryzona) menjadi salah satu burung langka sekaligus burung dilindungi di Indonesia. Burung yang juga dinamai sebagai Blue-banded Kingfisher ini merupakan burung pemakan ikan dari famili Alcedinidae.

Burung langka ini berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 18 cm. Bulunya berwarna biru tua dan putih. Bulu pada mahkota, sisi kepala, dan sayap berwarna hitam kebiruan gelap. Memiliki garis dada, bulu punggung dan ekor berwarna biru muda. Tutup telinga, tenggorokan dan perut mempunyai warna keputih-putihan, tersapu merah karat.

Pada burung Raja-udang kalung biru betina mempunyai perut berbulu jingga-merah karat dan tenggorokan krem. Iris berwarna coklat, kedua paruh burung jantan berwarna hitam, sedang paruh betina bagian atas hitam dan paruh bawah berwarna kemerahan. Kaki merah terang. Burung betina pada ras Kalimantan dan Sumatera (Alcedo euryzona peninsulae) memiliki garis dada, sedangkan ras Jawa (Alcedo euryzona euryzona) tidak mempunyai.

Burung Raja-uadang Kalung-biru betina Burung Raja-udang kalung-biru merupakan pemalu yang mendiami daerah di sekitar sungai berbatu pada hutan hujan tropis hingga hutan mangrove pada ketinggian hingga 1250 meter dpl. Burung pemakan ikan, namun juga mengkonsumsi aneka serangga, reptil kecil dan udang-udangan di sekitar sungai. Sedangkan suara burung ini hampir mirip saudara dekatnya, Raja-udang Erasia.

Daerah sebaran burung ini terbatas di pulau Jawa untuk subspesies Alcedo euryzona euryzona. Sedangkan untuk subspesies Alcedo euryzona peninsulae bisa dijumpai di Sumatera dan Kalimantan (Indonesia) serta di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Myanmar. 

Photo by : Google

Source : Kutilang Indonesia, Buku Panduan Identifikasi Burung Sumatera Jawa Bali dan Kalimantan, BirdLIfe


Raja Udang Kalung-Biru

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Raja Udang Kalung-Biru

Nama Latin:
Alcedo euryzona (Sibley dan Monroe, 1993)

Habitat:
Sekitar sungai berbatu pada hutan hujan tropis

Distribusi:
Jawa untuk subspesies Alcedo euryzona euryzona. Sedangkan untuk subspesies Alcedo euryzona peninsulae bisa dijumpai di Sumatera dan Kalimantan (Indonesia) serta di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Myanmar.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph