EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Buntut-Sate Putih

04 January 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 1187 Kali

Buntut-sate putih (Phaethon lepturus) adalah spesies burung dalam famili Phaethontidae. Burung ini tersebar di Samudera Atlantik, Samudera Indonesia, serta Samudera Pasifik tropis dan subtropis. Di Indonesia, buntut-sate putih tersebar di pantai Sumatera dari Pulau Christmas. Berukuran sedang (39 cm, tidak termasuk bulu ekor tengahnya yang panjang), berwarna putih atau kekuningan dengan bulu ekor tengah putih panjang.
Dewasa: umumnya putih, alis dan ujung sayap hitam, sayap atas bergaris hitam. Ras P.Christmas fulvus (yang juga terlihat di lepas pantai Sumatera): berwarna buah aprikot keemasan. Remaja: tidak ada bulu ekor tengah yang panjang, ada garis-garis hitam pada tubuh bagian atas, bulu primer lebih hitam (dibandingkan dengan remaja Buntut-sate merah)

Status : Resiko Rendah (LC)

Photo by : Google

Source : Kutilang Indonesia, Burung Indonesia, Buku Panduan Identifikasi Burung Sumatera Kalimantan Jawa dan Bali


Buntut-Sate Putih

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Buntut-Sate Putih

Nama Latin:
Phaethon lepturus (Daudin, 1802)

Habitat:
Terbang tinggi melingkar di atas laut dengan kepakan sayap yang cepat atau berputar dan berbelok tajam, kemudian terjun menyelam unutk menyambar makanan di laut.

Distribusi:
Samudera Atlantik, Samudera Indonesia, serta Samudera Pasifik tropis dan subtropis. pantai Sumatera (fulvus) dari P.Christmas. Ada kemungkinan membentuk koloni dan berbiak pada karang-karang di pantai selatan Jawa, Bali (Ulu Watu), dan P.Nusa Penida

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph