EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Kadal Jambul Hijau / Crested Green Lizard

22 June 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 1664 Kali

Bronchocela cristatella, juga dikenal sebagai kadal jambul hijau, adalah spesies kadal dari Agamidae dan endemik ke Asia Tenggara. Spesies ini adalah kadal hijau terang, kadang-kadang memiliki warna biru di kepala. Hal ini dapat mengubah warna, mengubah coklat gelap ketika terancam. Ada cincin gelap di sekitar setiap mata, dan tempat yang gelap bagian belakang kepala. Jantan memiliki jambul di leher. Ini memiliki ekor yang sangat panjang dan tipis (75% dari total panjang). Panjang tubuh adalah 13 cm (5.1 in), dan total panjang (tubuh ekor) adalah 57 cm (22 in).

Spesies yang menakjubkan, kadal jambul hijau menghuni hutan primer dan sekunder, tetapi dapat juga ditemukan di daerah-daerah yang terganggu dan taman. Warna tubuh adalah hijau terang, kadang-kadang dengan warna kebiruan di kepala. Ketika terancam atau terangsang warna tubuh dapat menjadi lebih coklat. Laki-laki akan menarik leher. Panjang ekor nya lebih panjang dari ukuran tubuhnya.

Skala sisi kecil, ada sekitar empat puluh dalam satu dari transverse scries; ventral skala lebih besar, dalam empat belas baris membujur. Singkat scries tiga atau empat besar skala bentuk kelanjutan dari superciliary margin; tidak ada skala lain besar Bait itu. Nuchae crest rendah, dibentuk oleh segitiga duri; tidak dilanjutkan di belakang, mana timbangan vertebralis busur hampir tidak menonjol. Kaki belakangnya keempat adalah satu-delapan lebih lama dari yang ketiga. Seragam rumput hijau. Spesies ini sangat umum di negara-negara Malaya dan di banyak pulau di Kepulauan India Timur, Borneo, Filipina. Bergerak dan melompat dengan kecepatan tinggi antara cabang-cabang pohon. Cantor melihat warna kadal ini tiba-tiba berubah abu-abu, kecoklatan atau kehitaman, kadang-kadang dengan bintik-bintik jeruk atau dengan jaringan hitam yang tidak jelas; besar, terisolasi, bintik-bintik hitam bulat muncul di kepala atau kembali atau bulat gendang telinga.

 

 

Photo by : Muhammad Bagus Satrio

Source : Lizard of Borneo, ecologyasia.com , 


Kadal Jambul Hijau / Crested Green Lizard

---

Spesies:
Reptil

Nama Local:
Kadal Jambul Hijau / Crested Green Lizard

Nama Latin:
Bronchocela cristatella (Kuhl, 1820)

Habitat:
Hutan Primer, Hutan Hujan yang berada dekat sungai.

Distribusi:
Endemik Asia Tenggara ditemukan di Singapura, Filipina, Thailand, Borneo dan India.

Manfaat/Keunikan:
Sekilas hampir mirip denga B. jubata namun perbedaan terdapat di jumlah jambul di atas leher. Jika jumlahnya 2-4 yaitu B. jubata sedangkan 6-10 yaitu B. cristatella .


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph