EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Cendrawasih Belah-rotan / Magnificent Bird-of-paradise

01 July 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 999 Kali

Menghuni tepi hutan dan hutan sekunder di hutan pamah perbukitan dan hutan pegunungan bawah sampai ketinggian 1450 mdpl., kadang sampai 1600 mdpl. Burung jantan memperagakan diri dari tempat pentas di lantai hutan, seperti Parotia. Sayap burung jantan mengeluarkan suara berkeletak khas, seperti dua batu kecil dibenturkan cepat. Sering bersama jenis-jenis Cendrawasih lain saat mencari makan di pohon, berupa buah dan artropoda.

Musim berbiak setidaknya dari bulan Juli sampai Desember, kemungkinan dapat berbiak sepanjang tahun. Pola perkawinannya bersifat poligini. Untuk menarik pasangan, burung jantan menghabiskan waktu cukup lama menyiapkan area display seluas beberapa meter persegi di atas tanah, serta memangkas dedaunan pada batang pohon di sekitar area. Gerakan menarik pasangannya meliputi tarian, pose diam, gerakan bulu dahi, tameng dada dan ekor tengah.

Burung betina membangun dan memelihara sarang tanpa bantuan burung jantan. Sarang tersusun dari seresah, daun kering, rumput dan bulu-bulu binatang. Posisi sarang di puncak rumpun pandan, 1-4 m di atas permukaan tanah. Jumlah telur 1-2 butir.

 

Photo by : Tim Laman

Source : Bird Of Paradise New Guinea


Cendrawasih Belah-rotan / Magnificent Bird-of-paradise

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Cendrawasih Belah-rotan / Magnificent Bird-of-paradise

Nama Latin:
Cicinnurus magnificus (Pennant, 1781) Sinonim: Diphyllodes magnificus

Habitat:
Hutan dan hutan sekunder di hutan pamah perbukitan dan hutan pegunungan bawah sampai ketinggian 1450 mdpl.hutan dan hutan sekunder di hutan pamah perbukitan dan hutan pegunungan bawah sampai ketinggian 1450 mdpl.

Distribusi:
Burung pepetap yang hidup di Dataran Tinggi berhutan Pulau Papua, Pulau Salawati, Pulau Yapen, dan mungkin juga di Pulau Misool.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph