EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Gagang-bayam Belang / Black-winged Stilt

02 July 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 946 Kali

33-36 cm. Tubuh bagian atas hitam dan tubuh bagian bawah putih. Kepala dan leher putih, dengan kaki panjang berwarna merah muda dan paruh panjang dan tipis berwarna hitam. Jantan punggung yang hitam bersemu kehijauan sedangkan betina bersemu kecoklatan, burung yang masih muda berwarna abu-abu dengan sayap kecoklatan.

Menunjungi lahan basah yang dangkal terutama yang berair tawar seperti rawa, danau tepian sungai, sawah dan tambak, juga delta dan muara sungai. Burung karnivor dengan makanan yang bervariasi terutama inverteberata perairan kecil dan biji-bijian. Jenis pakan mengikuti ketersediaan pakan musiman dan perpindahan jenis habitat. Di Sumatera tercatat berbiak di bulan Mei-Juni, mengunjungi jawa bagian barat pada bulan-bulan migrasi burung Nov-Des. Eropa sampai Afrika sub-Sahara dan Madagaskar ke timur sampai Asia Tengah, India, China, Indochina dan Taiwan. Di Indonesia secara lokal berbiak di Sumatera bagian utara, burung dewasa tercatat bergerak sampai Muara Gembong Jawa Barat.
Berdasar update taksonomi IOC 7 januari 2014, Himantopus himantopus menjadi spesies sendiri dengan sub-spesies tunggal, anggota sub-spesies yang lain seperti H. leucocephalus telah berdiri menjadi spesies sendiri.

 

Photo by : Giyanto Gigi

Source : Burung Indonesia , BirdLife, Kutilang


Gagang-bayam Belang / Black-winged Stilt

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Gagang-bayam Belang / Black-winged Stilt

Nama Latin:
Himantopus himantopus (Linnaeus, 1758)

Habitat:
Menunjungi lahan basah yang dangkal terutama yang berair tawar seperti rawa, danau tepian sungai, sawah dan tambak, juga delta dan muara sungai.

Distribusi:
Eropa sampai Afrika sub-Sahara dan Madagaskar ke timur sampai Asia Tengah, India, China, Indochina dan Taiwan. Di Indonesia secara lokal berbiak di Sumatera bagian utara, burung dewasa tercatat bergerak sampai Muara Gembong Jawa Barat.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph