EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Ciu Besar / White-browed Shrike-Babbler

02 July 2015

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 1302 Kali

Tidak jarang terdapat di hutan pegunungan antara ketinggian 1000-2800 m, di seluruh Sumatera, Kalimantan, Jawa. Hidup berpasangan atau dalam kelompok campuran, bergerak melewati tajuk pohon dan tajuk atas, menangkapi serangga. Menyelinap menyamping di sepanjang ranting-ranting kecil, tekun mencari ikan, Ulat kupu-kupu, belalang, kumbang dan serangga lainnya.
Di Jawa terdapat catatan bersarang pada bulan Mei; telur dua atau tiga butir berwarna merah jambu pucat berbintik-bintik ungu diletakkan pada sarang yang terletak seperti ayunan pada pohon yang tinggi.

Berukuran kecil (13 cm), berwarna hitam putih. Jantan : kepala hitam, garis alis putih, mantel dan bulu abu-abu, ekor hitam. Sayapnya hitam dengan warna putih pada ujung bulu primer dan warna coklat berangan emas pada bulu tersier, tubuh bagian bawah putih. Betina : BErwarna lebih buram, tubuh bagian bawah kuning, kepala hijau-zaitun, warna ujung sayap kurang terang.
Iris abu-abu, paruh hitam keabu-abuan, kaki keputih-putihan. Nyaring, monoton resik “cip-cip-cip” dan berbagai variasinya, yang diulang terus.

 

Photo by : Imam Taufiqurrahman

Source : Kutilang Indonesia


---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Ciu Besar / White-browed Shrike-Babbler

Nama Latin:
Pteruthius flaviscapis (Temminck, 1836)

Habitat:
Tidak jarang terdapat di hutan pegunungan antara ketinggian 1000-2800 m, di seluruh Sumatera, Kalimantan, Jawa.

Distribusi:
Sumatera, Kalimantan, Jawa

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph