EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Kunang-Kunang

01 May 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 1175 Kali

Deskripsi

Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.

Kunang-kunang, yang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin, menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeda, tergantung pada spesiesnya. Selain itu, pada beberapa spesies, kunang-kunang jantan yang mula-mula menyorotkan sinar untuk menarik sang betina, sementara pada spesies lainnya, sang betina yang “memanggil.”

Sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk mempertahankan diri. Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar-sesama jenisnya tentang ancaman bahaya, maupun peringatan bagi serangga dan burung . Zat pemicu pembentukan cahaya kunang-kunang berasa pahit.   

Jenis Makanan

Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, maupun serangga lain.

 


Kunang-Kunang

---

Spesies:
Serangga

Nama Local:
Kunang-Kunang

Nama Latin:
Photuris lucicrescens

Habitat:
Dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Banyak sepesies ini yang ditemukan di rawa atau hutan yang basah.

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:
Serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph