EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Cendrawasih Panji

19 May 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 798 Kali

Deskripsi :

Berukuran kecil, dengan panjang sekitar 22cm, dari genus tunggal Pteridophora. Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna hitam dan kuning tua, dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada waktu memikat betina. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam. Iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut. Burung betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan.

Tempat hidup dan Kebiasaan :
Menghuni hutan berlumut dan tepi hutan pegunungan tinggi pada rentang ketinggian antara 1500 – 2850 m. Memakan buah dan serangga di kulit kayu, terkadang laba-laba. Burung betina sering terlihat di tepi hutan, berbeda dengan burung jantan dewasa yang hampir tidak pernah teramati di tepi hutan. Jantan berkicau dari dahan besar di kanopi hutan yang tinggi. Bulu kepala jantan dapat digerakkan tegak lurus dan ke segala arah.

 


Cendrawasih Panji

---

Spesies:
Burung

Nama Local:
Cendrawasih Panji

Nama Latin:
Pteridophora alberti

Habitat:

Distribusi:
Burung penetap di Jajaran Pegunungan Tengah ke timur sampai Dataran Tinggi Timur (Kepulauan Bismarck dan kawasan Kratke).

Manfaat/Keunikan:
Keunikan : Dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada waktu memikat betina.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph