EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Cendrawasih Kerah

25 May 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 839 Kali

Deskripsi

Burung jantan berwarna hitam dengan mahkota berwana hijau pelangi mempunyai bulu penutup dadanya biru hijau dan berbulu pundak yang dapat menegak berwarna hitam beludru. 
Sedangkan Warna pada bulu burung betina bervariasi secara geografis seperti pada jenis-jenis burung Parotia betina; tudung kehitaman; alis dan garis malar pucat; dan terdapat warna coklat-merah metalik di tepi bulu-bulu primer. Beberapa ras memiliki warna kepala hitam. ada Juga yang Burung betinanya berwarna cokelat-kemerahan dan bawahnya bulu bergaris-garis warna cokelat. 
 
Perkembangbiakan
 
Burung Cendrawasih Kerah jantan bersifat poligami dan menampilkan salah satu tarian kawin Pada awal penampilannya dia akan menyanyikan nada keras dan cepat, lalu dia mulai melompat-lompat di depan betinanya. Tiba-tiba bulu pundaknya dan bulu penutup dada yang tadinya terlipat, menegak keluar dan mengembang di kepalanya dan membuatnya menjadi penari berbentuk elips. 
 
Untuk cendrawasih Betina mereka membangun dan menjaga sarang sendirian. Dimana Sarang berbentuk mangkuk, pada ketinggian 1,5 m atau lebih, biasanya pada pohon palem. Jumlah telur 1-2 butir.

Cendrawasih Kerah

---

Spesies:
L. superba

Nama Local:
Cendrawasih Kerah

Nama Latin:
Lophorina superba

Habitat:
Tepi hutan pegunungan, kebun-kebun tua, dan semak hutan sekunder pada rentang ketinggian antara 1150 – 2300 m.

Distribusi:
Jajaran Pegunungan Tengah, pegunungan di Daerah Kepala Burung, semenanjung Wandammen, Semenanjung Huon, dan pegunungan Adelbert.

Manfaat/Keunikan:
Menampilkan salah satu tarian kawin yang memukau saat kawin untuk menarik perhatian betinanya.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph