EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Monyet Hitam Sulawesi / Yaki

26 May 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 1350 Kali

Yaki hidup secara berkelompok Besar kelompoknya terdiri antara 5-10 ekor. Kelompok yang besar biasanya terdiri atas beberapa pejantan dengan banyak betina dewasa dengan perbandingan satu pejantan berbanding 3 ekor betina.

Deskripsi

Tingginya sekitar 44-60 centimeter, dengan berat badan sekitar 7-15 kilogram. Kulit Yaki berwarna hitam legam dengan bulu hitam mengkilat yang menutupi seluruh tubuhnya, kecuali wajah, telapak tangan, dan pantat.Moncongnya lebih menonjol jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Ciri khasnya adalah kepala hitam yang memiliki jambul hingga menyerupai gaya rambut model punk.Yaki hanya memiliki ekor sepanjang 20 sentimeter, berbeda dengan kera-kera jenis lain yang umumnya memiliki ekor relatif panjang.Sehingga, mereka sekilas akan nampak tidak memiliki ekor.Selain itu, cirinya yang paling mencolok adalah pantatnya yang berwarna merah muda.Bantalan tunggingnya berbentuk seperti ginjal, dan berwarna kuning.Warna tubuh Yaki betina dan muda lebih pucat jika dibandingkan dengan Yaki jantan dewasa.

Makanan

Yaki memakan berbagai bagian tumbuhan, seperti daun, pucuk daun, biji, bunga, umbi, dan buah.Mereka juga memakan beberapa jenis serangga, moluska, invetebrata kecil, bahkan ular. 

 


Monyet Hitam Sulawesi / Yaki

---

Spesies:
M.nigra

Nama Local:
Monyet Hitam Sulawesi / Yaki

Nama Latin:
Macaca nigra

Habitat:
Hutan primer dan sekunder, daerah pesisir maupun di dataran tinggi hingga ketinggian 2000 di atas permukaan laut (dpl).

Distribusi:
Hutan primer Cagar Alam Tangkoko, Bitung dan hutan lindung Sulawesi Utara,

Manfaat/Keunikan:
Keunikan : Mempunyai pantat yang berwarna pink, serta jambul di kepalanya yang mirip potongan rambut gaya Punk.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph