EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Dadap Ayam, naungan asli Indonesia

14 June 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 811 Kali

     Beragam jenis flora yang tumbuh di indonesia, terkadang tumuh  liar dan sering dibaikan. Akan tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, beberpa flora mulai dibudidayakan dengan baik karena memilki banyak manfaat bagi tumbuhan di sekitarnya.  Flora ini pantas disematkan pada tumbuhan  bernama latin Erythrina variegata L  atau lebih  dikenal dengan nama Dadap Ayam.

 

     Pohon dengan Batang meranggas beralur dengan tajuk yang banyak bercabang, merupakan salah satu ciri Dadap ayam. Tumbuhan dengan tinggi 3- 27 meter ini memilki bunga dengan tandan yang rapat, daun berseling dengan panjang 2-28 cm dan cepat luruh, sehingga dimanfaatkan sebagai  pupuk hijau dan pakan ternak.

Bijinya berbentuk jorong namun bercun bila dikonsumsi dalam keadaan mentah sebelum direbus atau dipanggag terlebbih dahulu. Dadap Ayam sering dijadikan sebagai tanaman pagar, tempat rambatan jenis tanaman lain seperti sirih, lada hitam, vanili dan gandum. Tak hanya itu, tumbuhan asli indonesia ini juga dijadikan  sebagai naungan tanaman coklat dan kopi.  


Dadap Ayam, naungan asli Indonesia

---

Spesies:
Erythrina variegata

Nama Local:
Dadap Ayam, naungan asli Indonesia

Nama Latin:
Erythrina variegata

Habitat:
Tumbuhan sampai ketinggian 1200 m dpl

Distribusi:
Asia tenggara, hutan pantai Afrika Timur, kepulauan di Samudra Hindia,

Manfaat/Keunikan:
pohon tempat rambatan tumbuhan lain,


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph